4 Manfaat Menangis yang Ternyata Bisa Jadi Obat!

by - 10:47 PM

 


Di dalam diri manusia terdapat emosi yang banyak jenisnya. Seseorang bisa jadi menangis untuk mengekspresikan rasa sedih, terlalu bahagia, ketakutan,tertekan, dan lainnya.

Uniknya dari menangis, kamu jadi dapat mengidentifikasi ternyata air mata terbagi menjadi 3 kategori, yaitu reflex tears atau air mata yang keluar ketika terkena debu atau kotoran yang masuk ke dalam mata, sehingga dengan bantuan air mata kotoran tersebut dapat keluar dengan mudah. Kedua adalah continous tears atau disebut juga air mata basal yang berfungsi untuk terus melembabkan, menutrisi dan menjaga mata agar terindar dari infeksi. Ketiga adalah emotional tears atau air mata emosional yang berkaitan dengan perasaan sedih atau senang.

Banyak orang berpikir bahwa menangis menandakan kelemahan, terlebih bagi kaum pria. Sebuah studi di Amerika menunjukkan data bahwa rata-rata wanita menangis sebanyak 3.5 kali dalam satu bulan, sedangkan laki-laki hanya sekitar 1.9 kali. Pernahkan kamu merasa lebih tenang setelah mengekspresikan diri? Itulah dia salah satu manfaat menangis, simak lebih dalam yuk!

  1. Membantu Lebih Tenang

Menangis mungkin bisa jadi salah satu coping mekanisme diri ketika kamu menghadapi sebuah masalah besar. Sekali lagi, kamu bukan orang cengeng hanya gara-gara menangis. Penelitian membuktikan bahwa manfaat menangis adalah dapat mengaktifkan parasympathetic nervous systems atau sistem saraf parasimpasis (PNS) yang memperlambat detak jantung sehingga membuat tubuhmu lega. Tidak butuh waktu lama, kamu akan merasa lebih baik dari sebelumnya.

  1. Mengurangi Stres

Dalam salah satu penelitian mengungkapkan bahwa manfaat menangis adalah merangsang produksi hormon endorfin, yaitu jenis hormon yang mampu membuat kamu jadi merasa lebih baik, mengurangi stres dan tekanan. Selain itu, dengan menangis dapat menekan produksi hormon kortisol yaitu jenis hormon yang berkaitan dengan stres dalam tubuh.

  1. Mendapat Dukungan

Ketika kamu merasa sedih yang mendalam atau berkabung, tidak mengapa jika orang-orang-orang disekitarmu mengetahuinya, karena dengan begitu mereka dapat memberikan respon yang tepat yaitu memberikan dukungan kepadamu. Ketika kamu bayi, menangis adalah salah satu cara mendapatkan bantuan dari orang lain seperti makan atau popok baru. Maka ketika kamu dewasa, menangis juga dapat membantumu memperoleh bantuan orang lain. Orang-orang disekitarmu tidak seapatis itu. Mereka peduli kepadamu.

  1. Mengembalikan Keseimbangan Emosional

Menangis bukan hanya untuk sesuatu yang menyedihkan. Terkadang manusia menangis dalam berbagai situasi seperti bahagia yang berlebih, ketakutan, dan stres. Penelitian di Yale University menunjukkan bahwa dengan menangis dapat membantu mengembalikan keseimbangan emosional. Hal ini adalah cara tubuh untuk memulihkan diri dari pengalaman emosional yang luar biasa.

Banyak orang takut untuk menangis atau khawatir ketika orang lain mengetahuinya. Salah satu alasannya adalah karena stigma bahwa hal ini menunjukkan kelemahan dan ketidakberdayaan seseorang. Namun nyatanya, ada berbagai macam menfaat menangis yang dapat kamu rasakan lho! Jadi kamu dapat memikirkan ulang untuk berbuat baik pada dirimu sendiri yaitu dengan mengekspresikan diri.

oleh: Baiq Ramdyanti

You May Also Like

0 comments