Hari Disabilitas 2019


Semua warga Negara Indonesia memiliki hak yang sama dalam hal mendapatkan pelayanan dari pemerintah. Masyarakat penyandang disabilitas selama ini masih kurang mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang baik, sehingga masih timbul adanya diskriminasi terhadap para penyandang disabilitas. 


Disabilitas adalah seseorang yang termasuk penyandang disabilitas fisik, penyandang disabilitas mental maupun gabungan antara penyandang disabilitas fisik dan mental, dan yang paling lebih rumit untuk dimengerti adalah penyandang gangguan jiwa baik kadar ringan maupun berat. 



Pada peringatan hari Disabilitas Inernasional pada tanggal 3 Desember ini, adalah momentum untuk melakukan advokasi kepada pemerintah dan masyarakat terkait kebutuhan-kebutuhan penyandang disabilitas untuk mendapatkan hak-hak berupa pelayanan yang baik terkait sarana public, mendapatkan Pendidikan, pekerjaan, tempat tinggal yang layak dan akses layanan kesehatan.



Indonesia telah meratifikasi peraturan PBB ke peraturan nasional terkait hak-hak penyandang disabilitas. Prinsip-prinsip HAM yang universal, negara mempunyai kewajiban untuk menghormati individu, melindungi dan memenuhi hak-haknya terkait penyandang disabilitas.



Kita harus saling peduli dan fight barriers between us agar tercipta society yang equal (egaliter) dan juga tercipta equality for people with disability dimana orang penyandang disabilitas dimanapun mereka berada, di komunitas lokal ataupun ketika mengunjungi tempat baru, tetap dapat merasa confident bahwasanya mereka dapat mengakses pendidikan, mendapatkan pekerjaan, bersosialisasi dengan teman, bepergian secara bebas, dan menjalani hidup mereka tanpa mengalami diskriminasi, stigma negatif, dan barriers. 



Tidak diabaikan oleh society dan tetap dihormati, dilindungi, dan dipenuhi hak-haknya sesuai dengan hukum dan ham yang berlaku dan setara dengan non-disabilitas



Kita harus saling peduli dan saling membantu, fight barriers between us agar tercipta kesetaraan/society yang equal di masa depan. Hal tersebut adalah tanggung jawab kita semua sebagai bagian dari human race/masyarakat.

Penulis : Daffa Fauzan

You May Also Like

0 comments